RSS

Solidaritas Korban Pelanggaran HAM Papua melakukan Aksi Damai

10 Des

PMKuncen :: Hari ini untuk kelompok yang menamakan dirinya Solidaritas Korban Pelanggaran HAM Papua yeng terdiri dari BUK, IKOIK2N-P2a, Kontras Papua, Foker LSM, SKP Jayapura, Elsham Papua, ALDP, LBH Papua, KPKC Sinode AM GKI, UKM Dehaling Uncen, BPM Fakultas Hukum Uncen, PMKRI, AMPTPI, Front Papera, Garda P, Parjal, KNPB, Asrama Nimmin dan Asrama Nabire melakukan aksi damai di Lampu Merah Lingkaran Abe setelah sebelumnya mengumpulkan massa nya dua tempat yakni di Gapura Uncen baru Waena dan depan Museum Budaya kampus Uncen Abepura, bertujuan untuk memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia yang jatuh pada hari ini (10/12)

“kami mengaharapkan adanya penegakkan dan penerapan keadilan yang benar-benar tulus dari pemerintah pusat”. ujar Marthen Goo, salah seorang jubir dari SKPHAM Papua, “kami juga memerlukan adanya ruang demokrasi di tanah Papua tanpa adanya tekanan dari pihak manapun serta pemberdayaan orang asli papua dalam sistem ekonomi di papua mengingat 72% rakyat papua hidup dibawah garis kemiskinan ” imbuhnya.

Kaitannya dengan kekerasan dan penyisiran pasca 16 Maret dan terbakarnya rektorat uncen diasrama-asrama mahasiswa papua , ia dan teman-teman menyatakan bahwa kasus itu perlu diusut secara tuntas dan tidak boleh ditutup-tutupi. walaupun mereka sendiri tidak tahu sejauh mana perkembangannya.

Selain berorasi mereka membawa beberapa spanduk yang berisi gambar-gambar kekerasan oleh militer kepada orang papua, pengrusakan hutan, pencurian ikan, pengalian tambang “illegal” oleh PT Freeport dan penambangan liar lainya di Degewo, Paniai.

mereka pula memberikan beberapa poin tuntutan kepada pemerintah dan masyarakat luas yakni:

1 Stop Pembantaian dan pembunuhan yang sistematis terhadap rakyat Papua

2 Stop pengrusakan alam papua yang memberikan kehidupan bagi rakyat Papua

3 Stop stigmatisasi rakyat Papua sebagai separatis dan makar

4 Stop marjinalisasi terhadap rakyat papua

5 Mendesak kepada pemerintah untuk pemenuhan hak-hak korban (HAM)

6 Mendesak kepada Presiden Republik Indonesia untuk segera menyelesaikan kasus pelanggaran HAM berat Wasior dan Wamena yang proses hukumnya tidak jelas di kejaksaan dan Komnas HAM Jakarta.

(AB)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Desember 2009 in BERITA, SEBAIKNYA ANDA TAU!

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: