RSS

Pastor Yohanes Jonga, seorang aktivis HAM asal Papua meraih Yap Thiam Hien Award

09 Des

PMKuncen :: Pastor Yohanes Jonga, seorang aktivis HAM asal Papua meraih Yap Thiam Hien Award berkat kegigihannya dalam memperjuangkan HAM di tanah Papua.

Kiprahnya dalam memperjuangkan HAM di ujung Timur Indonesia dinilai mampu memberdayakan masyarakat di sana.

“Dia berhak menerima karena dia adalah seorang aktivis HAM yang memperjuangkan HAM di Papua. Bahkan dia diancam mau dibunuh dan dikubur hidup-hidup, ” kata salah seorang anggota dewan juri, Todung Mulya Lubis di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (7/12/2009), seperti dikutip Detik.com.

lebih lanjut dikatakan Todung, bahkan karena kegigihannya memberdayakan warga di sana, dia sempat mendapat julukan tidak sedap. “Disangka pastur OPM dan dicap pastur perempuan karena memberdayakan perempuan, tetapi dia tetap memperjuangan HAM,” jelas Todung. Perjuangan di medan Papua bisa dikatakan berat. “Di negeri Papua yang defisit kebebasan pendidikan dan banyak perempuan tidak berdaya,” imbuhnya.

“Yang membuat Pak Yohannes unggul adalah karena dia tidak kenal lelah memperjuangkan penghormatan HAM di Papua,” ujar juri Yap Thiam Hien Awards lainnya, Ifhdal Kasim.

Ifdhal mengatakan, Pak Yohanes berhak mendapatkan penghargaan Yap Thiam Hien setelah menyingkirkan enam kandidat lain. “Namun, nama-nama itu tidak bisa disebutkan karena menghormati profesi dan ini adalah cara kerja dari dewan juri,” ujar Ketua Komnas HAM tersebut.

Penghargaan Yap Thiam Hien Award ini diberikan setiap tahunnya kepada para pejuang HAM. Penghargaan ini diberikan untuk mengenang aktivis HAM Yap Thiam Hien, yang gigih memperjuangkan HAM khususnya di Indonesia.

Tim juri untuk penghargaan Yap Thiam Hien kali ini adalah Prof Harkristuti Harkrisnowo, Maria Hartiningsih, Ifdal Kasim, Rahlan Nasidik, dan Todung Mulya Lubis. Penyerahan penghargaan akan dilakukan pada Kamis 10 Desember 2009 di Hotel Borobudur dalam rangka menyambut hari HAM Internasional.

sumber

http://www.christanpost.com

http://www.cenderawasihpos.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Desember 2009 in BERITA, INFO UMUM, SEBAIKNYA ANDA TAU!

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: