RSS

Petisi Mendukung Mama-Mama Papua Mendapatkan Pasar

06 Okt

:: PMKuncen :: Perjuangan mama – mama mendapatkan pasar sudah di lakukan sejak tahun 2001 sampai sekarang, yang melatrbelakangi perjuangan ini ialah sebagi pelaku ekonomi sektor informal. Mama – mama sama sekali tidak di sentuh oleh kebijakan pembangunan itu sendiri. Padahal , jelas hak – hak mereka di jamin secara konstitusional.

Kehadiran otsus pada tahun 2001 , jika di kelola secara benar dan merupakan modal untuk mengangkat orang papua ke taraf yang lebih baik. Namun kenyataannya, triliyunan rupiah dana otonomi khusus yang di kelola oleh pejabat asli Papua sendiri tidak memihak Mama – mama dan pedagang asli Papua lainnya. Dengan model pembangunan yang bias pendatang, mama – mama dan pedagang asli Papua yang lain , di lihat sebagai kelas yang kurang produktif. Dan asumsi merupakan pendapat salah kalau melihat kontribusi mama – mama dan pedagang asli Papua lain, yang berada di kota Jayapura, hanya butuh pasar yang layak dan representatif agar usaha yang sudah di geluti selama ini bisa berkembang.
Menurut semangat otonomi khusus dan komitmen Gubernur yang di sampaikan , pada tanggal 14 september 2009 bagi mama – mama dan SOLPAP, pasar yang di inginkan ialah pasar yang modern , representatif dan harus mewakili indentitas orang Papua secara keseluruhan. Karena menindaklanjuti komitmen Gubernur untuk merampungkan pasar tahun 2010 , di lokasi yang sekarang ini di tempati Perum Damri , Maka solpap dan mama – mama meminta :

1.Mengingat telah berakhirnya sidang anggaran bagi APBD perubahan tahun 2009 dan penetapan APBD 2010 , maka gubernur perlu menjelaskan SKPD terkait mana yang telah di tunjuk untuk melakukan pembangunan pasar dan berapa besaran anggaran yang diperlukan untuk membangun pasar agar bisa di ketahui oleh mama – mama selaku penerima manfaat itu sendiri.

2.Desain pasar harus mengikuti usulan yang selama ini di perjuangkan oleh SOLPAP da MAMA : Pasar harus berlantai 5 seperti yang sudah di usulkan kepada POKJA desain Pansus pasar mama – mama dengan rincian :
a.Lantai 1 dan 2 di pergunakan untuk berjualan barang basah ; Pinang , Sayur , dan Ikan.
b.Lantai 3 dan 4 dipergunakan untuk berjualan barang kering ; ukir – ukiran , barang – barang anyaman , dan batik Papua.
c.Lantai 5 dipergunakan khusus bagi kantor pasar , koperasi , dan ruang serba guna.

3.Seperti pada butir 1 , terkait urusan lahan , desain , anggaran pembangunan , serta pendataan untuk mereka berjualan , perlu di koordinasikan dengan SOLPAP selaku pihak yang selama ini mendampingi mama – mama pedagang asli Papua.

4.Meminta kepada perguruan Tinggi , Gereja , NGO , MRP , TOGA (tokoh agama), Tomas ( Tokoh masyarakat), dan Masyarakat Papua secara umum , agar terlibat aktif mengawasi pembangunan pasar , seperti yang dijanjikan Gubernur pada tanggal 14 September 2009 , di depan perwakilan Mama – Mama , Pansus Pasar DPRP dan Walikota Jayapura.

Demikian jumpa pers ini. Besar harapan kami, semoga pasar ini di realisasikan pada pertengahan tahun 2010, serta dapat menjadi awal mula pembangunan ‘’EKONOMI’’ orang ASLI PAPUA menuju PAPUA BARU yang kita cita – citakan bersama.

Jayapura , 05 Oktober 2009

Hormat kami ;

SOLIDARITAS MAMA – MAMA PEDAGANG ASLI PAPUA (SOLPAP)
SKP KEUSKUPAN JAYAPURA
JPIC SINODE GKI
JPIC KINGMI
LP3A PAPUA
PEMUDA KATHOLIK
PMKRI
KONTRAS PAPUA
MAHASISWA UKM DEHALING UNCEN
SENAT FAKULTAS HUKUM UNCEN
GARDA – P
FOKER LSM
LBH PAPUA
PMKRI
POKJA PEREMPUAN MRP

2012 kiamat alkitab::
 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Oktober 2009 in BERITA, INFO UMUM, SEBAIKNYA ANDA TAU!

 

Tag: , , , , , , , , , ,

3 responses to “Petisi Mendukung Mama-Mama Papua Mendapatkan Pasar

  1. ABERTHO TUOM TAWER

    13 November 2009 at 7:29 pm

    generasi kemarin (dulu) adalah generasi tertipu;
    generasi sekarang adalah generasi dalam kebingungan (dilematis) dan generasi besok (akan datang) adalah generasi harapan dan impian sedengan demikian untuk menggapai perubahan menuju masyarakat papua yang maju, mandiri dan sejahtera maka perbuatan konkrit harus dilakukan sedini mungkin. mengadaan pasar mama-mama papua asli merupakan langkah maju yang baik yang harus disikapi oleh semua komponen terkait sebab tolak ukur kemajuan suatu bangsa ada dan berasal dari bawan (masyarakat ekonomi lemah/miskin)

     
  2. Laskar Uniyap

    9 November 2009 at 1:24 am

    Saya setuju dengan Gebrakan Mama2 kita, dan diharapkan agar semangat merubah Papua kedalam revolusi Papua Baru dapat tercapai.

     
  3. nadeak

    13 Oktober 2009 at 12:44 pm

    saya setuju sekali ,kalo hak mama2 diperhatikan, bikin malu sekali kalo anggota DPRD yg baru i tra perhatikan hal2 penting seperti ini…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: