RSS

PEMBUKAAN PKKMB (PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU) DI LAPANGAN MAHACENDRA DI KAMPUS UNCEN WAENA.

19 Agu

PKKMB Uncen yang dilaksanakan dari tanggal 18 – 21 Agustus 2009 dibuka pada pukul 08.00 WIT di Lapangan Macendra, Kampus Uncen Waena dan dipimpin oleh Rektor Universitas Cenderawasih, Prof Dr Berth Kambuaya. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 1700 -an orang mahasiswa baru reguler dan ekstensi yang berasal dari delapan fakultas di Universitas Cenderawasih yang bertujuan untuk memberikan pengenalan bagi peserta PKKMB tentang aktifitas kampus yang akan mereka hadapi pada saat mereka berkuliah. Selain menyampaikan ceramah tentang ”Kebijakan Pendidikan Tinggi di Indonesia dan di UNCEN” Rektor Uncen juga secara pribadi menegaskan kepada para mahasiswa baru agar dapat memanfaatkan kesempatan yang telah didapatkan yakni berkuliah di Uncen dengan sebaik-baiknya, sebab sebagian besar orang tua dari mahasiswa baru yang akan studi di uncen merupakan keluarga yang kurang mampu, yang telah menggantungkan harapannya kepada mereka dan para orang tua tersebut mengharapkan agar mereka dapat mempunyai semangat dalam menjalani studi yang telah dipilih sehingga dapat menyelesaikannya sesuai pada waktunya.

Setelah upacara pembukaan para peserta PKKMB diarahkan kembali ke tiap-tiap fakultas untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. kegiatan yang dilakukan antar lain pemberian materi-materi pengenalan di kampus yang disampaikan oleh para pimpinan fakultas dan mahasiswa.Disamping itu berhubungan dengan kemungkinan adanya kekerasan yang dapat dilakukan senior pada para peserta PKKMB, para petinggi universitas secara khusus menyatakan bahwa kegiatan PKKMB dipastikan bebas dari kekerasan. ”Kegiatan PKKMB kali ini kami prioritaskan untuk pengenalan kampus tanpa perlu menggunakan kekerasan seperti yang terjadi pada angkatan-angkatan sebelumnya” Ujar Pembantu Rektor III,Drs Paulus Homers. ”dan jika ada panitia PKKMB atau anggota SMPT dan SMF yang menggunakan kekerasan atau tindakan semena-mena selama kegiatan ini, akan di tindak tegas dengan aturan yang berlaku di negara ini” imbuhnya. Mengingat masih adanya mahasiswa senior yang memanfaatkan kegiatan ini untuk ajang balas dendam dan unjuk diri.

Beberapa mahasiswa baru yang ditemui mengaku bahwa kegiatan yang mereka lalui sehari ini sangatlah bermanfaat bagi mereka dan mereka berharap agar panitia tidak menggunakan kesempatan PKKMB untuk membalas dendam serta mempermainkan para calon mahasiswa. Dipihak lain beberapa alumni Universitas Cenderawasih yang ditemui sedang berkunjung untuk melihat kegiatan PKKMB menyatakan bahwa bentuk pengenalan seperti ini sangatlah ideal, namun jangan sampai para mahasiswa baru yang masuk kedalam dunia mahasiswa yang tidak sama seperti di SMU dan SMK menjadi tidak bersikap dan berpikir seperti seorang mahasiswa yang kritis dan ingin tahu sebab tidak mendapat pengetahuan yang memadai dalam kegiatan PKKMB. sebab tidak tertutup kemungkinan para peserta PKKMB malah tidak mengenal secara pribadi fakultas yang digelutinya. Senada dengan para alumni, beberapa dosen juga menyayangkan PKKMB yang terkesan sekedar seremonial demi memenuhi mengikuti kalender akademik serta kurang terkoordinir secara baik, sehingga dapat menghasilkan angkatan yang kurang mengenal kampusnya secara mendalam bukan saja dalam hal pengembangan nalar sebagai mahasiswa tetapi juga pengembangan mental dan moral sebagai mahasiswa. Mereka hanya mengharapkan agar para panitia dapat memberikan pengenalan yang baik terhadap para peserta sesuai dengan konteks masing-masing fakultas sehingga semangat menjadi mahasiswa yang bernalar dan bermartabat dapat tercapai.

(AB, RA, JY, JB, DH)

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Agustus 2009 in BERITA, LIPUTAN KEGIATAN, SEPUTAR PAPUA

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , ,

3 responses to “PEMBUKAAN PKKMB (PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU) DI LAPANGAN MAHACENDRA DI KAMPUS UNCEN WAENA.

  1. SAUT BOANGMANALU

    20 Januari 2010 at 4:13 am

    TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

     
  2. A . Nermando

    2 September 2009 at 5:49 pm

    Saya harap PKKMB atau apapun namanya itu tidak tercoreng dengan Kelakuan 2 oknum senior yang ingin melampiaskan Kekesalanya pada mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB.

     
  3. Agus Suhanto

    19 Agustus 2009 at 8:16 pm

    terimakasih u atas tulisannya yg bagus…
    kenalkan saya Agus Suhanto

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: