RSS

RESIKO PACARAN (PUTUS CINTA & PATAH HATI)

20 Agu

:: PMK uncen :: Salah satu risiko pacaran adalah putus cinta seperti yang Anda alami. Apalagi jika sudah berpacaran lama dan cinta telanjur mendalam. Namun dibalik semua ini kami percaya Tuhan tidak meninggal¬kan Anda. Ia ada di dekat Anda untuk me¬nolong. Ia rindu menguatkan dan menghibur Anda. Mazmur 34:19 berkata:”TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.”
Kita semua tentunya pernah meng¬alam¬i sakit hati. Pada saat seperti ini janganlah Anda bertanya: di mana Tuhan. Mengapa Ia biarkan Anda sendiri? Ia ada di dekat Anda. Ia sangat terikat dengan firman-Nya! Sapalah Ia. Berbicaralah dengan-Nya. Cobalah untuk mengobati luka hati Anda dengan:

1. Bersyukur atas apa yang telah terjadi.

Ingatlah bahwa Ia mengetahui semua yang Anda alami. Walaupun saat ini Anda sulit mengucap syukur, berusahalah melakukannya. Semua jalan manusia lurus dalam pandangannya sendiri. Namun Allah tahu apa yang ada di balik tikungan jalan kita. Percayalah bahwa apa yang terjadi adalah seizin Dia! Kita hanya melihat satu langkah di depan, Allah melihat sejuta lang¬¬kah di depan kita. Teruslah berkata bahwa Ia tahu what’s best for me! Salah satu tanda kedewasaan hidup rohani adalah bila Anda dapat belajar mengucap syukur atas segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini.

2. Relakan kepergiannya.

Ini adalah cara paling cepat untuk menyembuhkan luka hati. Berdoalah agar ia bahagia dan diberkati baik secara jasmani maupun rohani! Mungkin pada awalnya sulit karena ada pertentangan batin. Namun teruskan untuk mendoakan dia. Berdoalah juga untuk diri sendiri. Katakan kepada Tuhan bahwa Anda telah merelakan dia pergi. Sesudah itu perintahkan hati dan pikiran Anda untuk merelakan kepergiannya. Dengan begitu proses kesembuhan akan segera bekerja dalam diri Anda. Mengapa? Karena sebenarnya Anda sedang belajar mengampuni. Tuhan pasti senang dengan hal ini dan akan menyembuhkan luka batin Anda.

3. Bersyukurlah karena ini terjadi saat Anda masih pacaran.

bayangkan jika setelah Anda menikah dengannya, tiba-tiba ia pergi membawa seluruh pakaiannya dan hanya meninggalkan sepucuk surat singkat permohonan maaf karena telah meninggalkan Anda! ¬Itulah sebabnya kami mendorong Anda untuk meyakinkan diri, lebih baik ini terjadi sekarang daripada nanti! Anda juga harus merasa beruntung karena telah mengenal kualitas cintanya saat ini, dibanding baru tahu belakangan! Jadi, percayalah bahwa Allah sedang melakukan yang terbaik dalam hidup Anda. Kami mempunyai satu prinsip penting tentang hidup: Allahlah yang mengatur dan me¬ngontrol kapan manusia lahir, dengan siapa ia menikah dan kapan ia mati. Setiap orang yang takut akan Tuhan pasti mengalami tangan kasih Allah dalam hal ini.

4. Berjalanlah dengan iman.

Tuhan pasti akan memberi seseorang yang terbaik kepada Anda. Ini mungkin terjadi karena dulu Anda langsung pacaran tanpa bertanya pada Tuhan. Bisa juga karena karakter Anda belum terbentuk. Tenang saja! Percayalah bahwa Tuhan pasti telah menetapkan seorang yang spesial dan tepat bagi Anda. Jalani lagi hidup dengan baik. Be good at whatever things you do! Saat Anda menemukan pasangan yang tepat, maka Anda dengan sangat bersukacita akan berkata, “Thank’s a lot God! You’re Great!” Ingat apa yang Ia janjikan dalam firman-Nya, “Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap orang yang mengasihi Dia” (Rm. 8:28)

Bagaimana Mengobati Patah Hati?

Sulit dipercaya saat Anda harus berpisah dengan pria impian Anda atau wanita yang sempurna. Tanpanya, Anda merasa tidak ada lagi kebahagiaan dalam hidup Anda. Saat itu luka yang timbul nampaknya hampir tak tertahankan. Sungguh tak tertahankan sampai-sampai ada orang yang mengatakan seseorang bisa mati karena patah hati.
Saya bukanlah dokter, tapi saya sangat yakin bahwa hal ini tidak mungkin terjadi (setidaknya 99,5%). Pada kenyataannya, saya tidak tahu seberapa banyak orang yang meninggal karena penyakit jantung, dan setiap orang yang saya kenal, termasuk diri saya sendiri, setidaknya memunyai satu episode di mana dia merasakan rasa sakit dalam menjalani hidupnya. Percaya atau tidak, mereka yang bisa bertahan, bisa melakukan hal-hal yang lebih baik dari yang pernah mereka pikirkan sebelumnya.
Jadi, sebenarnya apa kunci untuk mengobati patah hati dengan cepat? Kuncinya adalah pil ajaib! Benar, pil ajaib. Pil ini melepaskan hormon-hormon tertentu dalam otak Anda yang menimbulkan luka hati. Apakah Anda ingin membelinya? Bila Anda ingin membelinya, saya rasa Anda benar-benar perlu ditolong. Tetapi kadang-kadang kebenaran itu memang menyakitkan — tidak ada sesuatu apa pun yang dapat menyembuhkan luka hati dengan cepat. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk memulihkannya, yaitu waktu, keluarga, teman-teman, dan di atas semuanya itu adalah Yesus (dan juga sedikit coklat).

1.Waktu.

Pernahkan Anda mendengar ungkapan, “Waktu menyembuhkan semua luka?” Percaya atau tidak, ungkapan ini benar. Waktu bisa menyembuhkan luka, penyakit, penolakan, dan bahkan penyakit jantung. Berikan waktu untuk diri Anda sendiri, maka luka akan berkurang. Seiring dengan berjalannya hari, rasa tidak ada harapan itu sedikit demi sedikit akan berkurang dan Anda akan lebih optimis terhadap masa depan. Percayalah, saya sudah pernah mengalami ini.

2. Keluarga.

Keluarga yang telah Tuhan berikan kepada Anda adalah suatu anugerah (dan bagi beberapa orang, merupakan anugerah yang tersamar). Mereka selalu ada di samping Anda dan saat seseorang melukai Anda, sudah pasti orang itu menjadi musuh Anda! Keluarga memang luar biasa, meskipun Anda tahu bahwa Andalah yang salah, di mata keluarga Anda, “orang lain”lah yang selalu disalahkan. Anda tidak akan menemukan dukungan yang seperti ini dari orang lain, bahkan dari teman Anda, karena teman-teman cenderung melihat segala sesuatunya secara objektif (siapa yang benar, itu yang diikuti), sedangkan keluarga sangat mengasihi Anda, mereka tidak melihat kesalahan yang telah Anda lakukan. Oleh sebab itulah mereka selalu melindungi Anda. Bahkan kadang-kadang saat Anda tidak mengharapkannya sekalipun.

3 .Teman-teman.

Seorang sahabat baik adalah suatu aset yang sangat berarti, khususnya di saat-saat yang sulit. Sahabat bisa membuat Anda tertawa dan melupakan saat-saat yang membuat Anda terluka, bahkan saat Anda merasa seperti berkubang dalam pengasihan diri sendiri. Tuhan telah memberi Anda teman-teman sebagai anugerah dengan tujuan untuk membuat Anda merasa ada yang memiliki, bahwa Anda diperlukan. Sehingga Anda tidak dikurung oleh rasa putus asa yang membatasi Anda untuk melakukan sesuatu. Anda bisa mendapatkan penghiburan dan hal-hal yang jenaka dari teman-teman Anda, yang kemudian bisa membalut hati Anda yang sedang terluka.

4. Yesus.

Dari semuanya itu, yang bisa menyembuhkan luka yang Anda alami karena patah hati adalah doa. Yesus selalu ada meskipun Anda tidak memiliki keluarga atau teman-teman yang bisa membuat Anda tenang. Yesus adalah keluarga dan teman Anda. Dia yang menenangkan Anda saat Anda menghadapi masalah dan Dia selalu ada untuk Anda kapan saja. Doa yang terus dipanjatkan kepada-Nya supaya Dia memimpin Anda melalui masa sulit ini akan menguatkan Anda, tidak hanya secara emosi, tetapi juga rohani.

” BELAJAR UNTUK MENGAKUI ADANYA KENYATAAN HIDUP ”

About these ads
 
17 Komentar

Posted by pada 20 Agustus 2009 in CUCI OTAK, KARYA TULIS, REFERENSI, TENTANG ALKITAB

 

Tag: , , , , , , , ,

17 responses to “RESIKO PACARAN (PUTUS CINTA & PATAH HATI)

  1. allent

    18 Juni 2012 at 9:47 am

    bagus buat renungan

     
  2. Ridoe Carabia

    23 Mei 2012 at 2:18 am

    Yahhhh,,,saat ini kekecewaan menimpa diri saya,,, Tuhan berikan hubungan saya dengan seorang wanita selama 12 tahun,,,,, tapi hampir mencapai usia 13 th,, Tuhan memutuskan hubungan itu,,. Dia dari non Kristen,,dia sempat percya Yesus,,tp blm dibabtis,,,sy sngt mencintai dia dgn tulus,bahkan mempercayai dia sepenuhnya,,ternyata saat hubungan kami msh berjalan,,dia pergi meninggalkan saya dan saat itu jg menikah dgn org lain tanpa sepengetahuan sy,,wooww,,baru 1 minggu kami bertemu dan mengucap kata2 cinta,,ternyata dia sudah menikah,,,Sy smpt kecewa kpd Tuhan,,mengapa saat ada org yg ingin percaya kpd Mu umelalui aku justru Engkau pisahkan Tuhan?? Tapi sy mengucap syukur,,Pasti Tuhan tau apa yg terbaik buat saya,,, yahhh,,Untung itu masih saat pacaran,jadi semua kesetiaannya terlihat,,,bagaimana jika sudah menikah???Saya selalu bersyukur kpd Tuhan,,walaupun sampai saat ini sy msh blm percaya apa yg terjadi pada hubungan saya…. Tp satu yg sy selalu ingat,, Semua indah pada waktunya….

     
  3. josephloudrich

    29 Februari 2012 at 12:22 pm

    thank’s GOD
    stelah qt bca tulisan diatas
    qt blh merasakan kelegaan dalam qt punya kehidupan
    dan qt rsa masalah yg qt hadapi sekarang sdkit berkurang

     
  4. Opin

    8 Februari 2011 at 2:49 am

    Trimakasih unTuk Tuhan Yesus kaRena zudah menazehaTi kiTa LewaT BaCaan di aTaz.
    Z pUx Iman zmakin berTambah..
    WaLau z Uda meNgaLami Kekecewaan yg sangaT..
    Krn z pUx manTan pCar bza MempeRmainkan z pUx Org Tua..
    Tp, z Tau Tuhan Tdk aKan membiarkan Dia pUx aNak2 Kcwa.
    Z Tau Tuhan yang aKan bLaz dy pUx kJhaTan ma z.
    Z Jg pUx Keyakinan..
    KaLo aDam Tidak Pernah MeminTa Kekasih sama Tuhan,
    Tapi Tuhan Tau kaLo Adam Perlu Kekazih maKax Dia m’cipTakan Hawa..
    Maka z Jg akan zpTi iTu..

     
  5. Aski

    5 Januari 2011 at 1:51 am

    Ya…smua baik adanya,,,
    kebahagian sejati hanya ada pd Tuhan Yesus,,,sypa yg dengan sungguh” mencintai Dia…
    Tak akan p’nah merasa patah hati.

     
  6. stella

    2 Mei 2010 at 11:08 pm

    makasi ia atas masukan na…
    memunk susah untuk melupakan seseorg tetapi dgn ada na cra ini saiia dgn gampang melupakan smua kenangan yg indah n buruk dlm hidup saiia….
    saiia yakin Tuhan pasti akan memberikan yg terbaik buat hidup saiia karna Tuhan tdk akn membiarkan saiia jatuh smpai tergletak,,
    GBU,,,

     
  7. 11bah

    17 April 2010 at 12:50 am

    Thanks atas semua tips nya… dan tips ini saya rasa sangat berguna buat saya yang lagi patah hati.. dan semoga jadi bahan pengalaman dan membuat saya lebih dekat dengan Tuhan

     
  8. Julita

    13 April 2010 at 5:41 pm

    Cinta yg plg tulus yg pernah ada di dunia ini adlh cinta yg brsal dr Yesus.
    ……
    Dia ga prnh mgharpkn apapun dr kta…..
    Klu kta sdg mgalami putus cinta or kta lg patah hti jgn slh lgkh y tmn2….
    Krna klu kta slh lgkh mk bkn kebahagian yg akn kta dpt tp malah penderitaan.

    Igt,igt hny Tuhanlah teman yg trbaex buat kt.
    Stju sobat….?

     
  9. Julita

    13 April 2010 at 2:17 pm

    Y,…..
    Aq stju bg.
    Ktka kta melakukan hal yg tdk benar dlm pacaran,maka Tuhan akn menggembleng kta n mgingatkn kta.
    Hany Tuhanlh teman kta yg plg stia n ga pernah meninggalkan n mgecewakn dia.
    Thx Good.

     
  10. abe

    25 Februari 2010 at 3:52 pm

    Wah…….pacaran diputisin .sorry aja ,kan masih ada Tuhan Yesus yang mengasihi kita ….kan tuhan yesus gak pernah ningalin kita , to’o…hanya kitalah orang sering meninggalkanNya , dan menutup hatu untuk untuk TUHAN ,teteapi yesus tetap setia dan mendoakan kita ,saranku jika Putus Cinta …Larilah pada yesus Untuk memulihkan hatimu yang remuk ……..salam yesus Untuk orang yang di tinggalkan karena putus Cinta

     
  11. Deswan

    29 Januari 2010 at 11:23 pm

    Yap saya setuju cara pacaran seperti ini…

    Mencerminkan kasih dari anak-anak kristen sejati!
    :-)

     
  12. Betti

    22 Desember 2009 at 1:31 am

    brpcran tu emng wjar bgi stiap manusia, qta hrs tnggung rsiko y mo y kan. tpi slma qta msh brpgang teguh iman yakinlah bhwa brpcran dlm naungan than qta no blh mnyimpng. ok guys

     
  13. witi

    17 Desember 2009 at 2:01 am

    wheeeeew…
    beneeer banget..
    sesakit apa pun kita terhadap seseorang..
    kita harus bangkiit..
    buat melupakan masa lalu, dan meraih masa depan bersama Tuhan Yesus..
    harus yakin dan optimis kalo Tuhan pasti punya rencana yang terbaik..
    semuanya pasti indah pada waktunya..
    God BLees..:P

     
  14. Insos

    6 November 2009 at 12:25 pm

    z deng z pu kk2 deng adik biasa diskusikan tentang pacaran juga,
    saran yang buat pacaran:
    sayang Yesus pertama di di dalam ko hidup
    supaya jang ko patah hati k ini
    JESUS bless ya

     
  15. wanti

    26 Oktober 2009 at 10:04 am

    Pacaran tu harus tau batas…
    trus pata hati juga tau batasnya…

    kapan harus bersedi dan menangius… tapi… tidak sampai merengek2 dan putus asa…

    itu bukan tipe Anak Kristen yang sejati.

     
  16. kristina

    20 Oktober 2009 at 2:49 pm

    Saya setuju banget……????
    karna harus belajar dari orang-orang yang berpacaran karna itulah jalan keluar,atau kita harus berdoa agar masalah kita hadapi berjalan dengan baik……..???

     
  17. nory

    14 September 2009 at 11:34 pm

    di dalam teks tersebut kita di tuntut untuk berpacaranlah dengan takut akan Tuhan karena itulah yang di kehendaki-Nya. dan apa bila kita sedang patah hati atau sahabat kita mengalami hal yang seperti itu marilah kita mendoakannya dan mengajaknya untuk belajar dari setiap kesalahan yang kita alami,dan bagi-bagilah setiap pengalaman anda dalam hal berpacaran yang baik.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: