RSS

MAKANAN BERGIZI

01 Agu

Apakah Gizi itu ?

Gizi atau nutrisi adalah zat makanan yang diperlukan makhluk hidup. Gizi dapat mempertahankan proses penting dalam tubuh, seperti bernafas,  mempertahankan suhu tubuh, menghasilkan energi untuk berbagai proses dalam tubuh, dan mengeluarkan berbagai zat sisa atau racun dalam tubuh. Zat makanan dalam bentuk energi memberikan kemampuan pada kita untuk dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Jika kita tidak mengonsumsi makanan atau minuman bergizi, kita dapat ,mengalami pengeroposan tulang (kekurangan kalsium), gusi berdarah (kekurangan vitamin C), atau gangguan pengangkutan oksigen di darah ke setiap sel (kekurangan zat besi). Jadi, masalah gizi atau nutrisi, sama dengan masalah mengapa kita makan, apa yang kita makan, dan bagaimana makanan tersebut mempengaruhi tubuh dan kesehatan kita.

Untuk dapat hidup sehat, kita memerlukan gizi yang seimbang dan tidak berlebihan. Nutrisi atau zat makanan dibagi menjadi makro dan mikro nutrient. Disebut makro nutrient karena kebutuhan tubuh kita atas zat tersebut relative besar dan zat-zat itu dapat menghasilkan energi. Sedangkan mikronutrien, jumlahnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita lebih kecil (dalam satuan milligram). Namun mikronutrien tidak kalah penting dengan makronutrien karena mikronutrien tersebut berperan dalam berbagai proses metabolism dalam tubuh.

  • Makronutrien → protein , lemak, dan karbohidrat
  • Mikronutrien  → Vitamin dan mineral

Mengapa Kita Perlu Makan?

1.      Makanan memberi kita tenaga

Adanya tenaga dapat membuat sel dalam tubuh kita dapat berfungsi. Makanan ibarat bensin pada sebuah mobil. Tanpa bensin, mobil tidak ada tenaganya. Mobil tidak bisa bergerak. Sama halnya manusia, organ-organ seperti jantung, paru-paru, tangan dan kaki hanya dapat berfungsi jika ada tenaga. Tenaga diperoleh Dari makanan.

2.      Makanan penting untuk pertumbuhan badan

Makanan, terutama protein, diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel baru dalam tubuh kita. Protein menggantikan sel-sel yang tua dan mati. Seseorang yang mengalami kekurangan protein dapat mengalami penyusutan badan.

3.      Makanan penting untuk kesehatan tubuh

Makanan yang seimbang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin akan menjamin tubuh kita sehat. Kekurangan salah satunya menyebabkan kesehatan kita terganggu.

Zat-zat Makanan

Makanan mengandung berbagai jenis bahan yang bermanfaat untuk keperluan tubuh. Bahan yang bermanfaat untuk keperluan tubuh dikenal sebagai zat makanan. Zat makanan memberikan tenaga, membangun, dan menyehatkan tubuh kita. Makanan kita sebaiknya juga mengandung air yang amat penting bagi kehidupan kita.

Makanan yang kita makan selama ini rata-rata meliputi air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Akan tetapi, kenyataan komposisi tubuh kita adalah

  • Sekitar 60% terdiri dari air,
  • Sekitar 20% terdiri dari lemak,
  • Sekitar 20% sisanya merupakan gabungan dari protein (pada otot) ditambah karbohidrat, mineral dan vitamin.

Tidak semua makanan mengandung semua zat makanan. Misalnya kandungan utama nasi ialah karbohidrat. Kandungan utama telur goreng adalah protein dan lemak. Oleh karena itu , kita perlu berbagai zat makanan dalam makanan kita

Apakah Karbohidrat Itu?

Karbohidrat adalah zat makanan sumber tenaga. Zat ini merupakan sejenis bahan organic yang terbentuk dari unsur-unsur karbon, hydrogen, dan oksigen. Kadar kandungan unsur-unsur tersebut adalah khusus. Kandungan inilah yang membedakan dengan bahan-bahan organik yang lain seperti lemak dan protein.

Makanan yang mengandung karbohidrat ada dua macam, yakni jenis padi-padian dan jenis umbi-umbian. Makanan yang berasal dari jenis padi-padian misalnya beras, gandum, jagung dan cantel. Sedangkan makanan yang berasal dari jenis umbi-umbian misalnya kentang, singkong, ubi, dll.

Karbohidrat dalam tubuh kita mempunyai dua peranan penting. Pertama, sebagai zat makanan. Kedua, sebagai persediaan bahan-bahan berserat. Melalui zat karbohidrat, kita memperoleh sebagian besar tenaga yang dibutuhkan tubuh kita.

Karbohidrat yang berupa serat, buah-buahan dan kacang-kacangan. Manfaatnya adalah untuk menghindari masalah sembelit.

Kebutuhan karbohidrat setiap orang tidak sama. Perbedaan itu tergantung pada kecerdasan dan tingkat usia seseorang. Misalnya, anak yang aktif lebih banyak memerlukan karbohidrat daripada anak yang kurang aktif.

Apakah Protein Itu?

Protein merupakan zat makanan yang amat penting untuk tubuh kita. Zat protein membangun tubuh kita untuk memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Protein terbentuk dari unsur-unsur nitrogen, karbon, hidrogen dan oksigen. Protein dibutuhkan pada masa pertumbuhan. Kekurangan protein menyebabkan cacat pertumbuhan atau penurunan berat badan. Selain bagus untuk masa pertumbuhan anak, protein baik juga untuk ibu yang sedang hamil ( mengandung) dan menyusui.

Karena protein sangat diperlukan untuk membangun tubuh anak yang disusuinya atau yang dikandungnya. Makanan yang mengandung protein adalah hasil ternak dan kacang-kacangan. Hasil ternak contohnya adalah daging, telur, susu dan ikan. Sedangkan kacang-kacangan contohnya kacang tanah, kacang merah, kacang hijau dan sebagainya. Protein yang berasal dari hasil ternak disebut protein kelas satu. Protein yang berasal dari kacang-kacangan protein kelas dua.

Daging dianggap mengandung protein yang terbaik atau protein kelas satu. Karena daging kandungan proteinnya lengkap. Sedangkan kacang-kacangan zat proteinnya tidak lengkap. Oleh karena itu, zat makanan dari kacang-kacangan disebut protein kelas dua.

Tubuh kita memerlukan protein untuk menjalankan fungsi sebagai berikut :

a.      Membangun sel tubuh

Makin bertambah usia seorang bayi, makin bertambah berat badannya. Bertambahnya berat badan disebabkan oleh terbentuknya jaringan baru seperti tulang dan otot.

b.      Mengganti sel tubuh

Salah satu jaringan tubuh manusia sering mengalami kerusakan, misalnya akibat cedera dalam melakukan kegiatan fisik, seperti lari, lompat, dan lain-lain. Oleh karena itu, protein dibutuhkan sebagai pengganti sel-sel yang rusak tersebut.

c.      Membuat air susu, enzim, dan hormon

Air susu ibu tersusun atas protein, demikian juga untuk membentuk enzim maupun hormon diperlukan protein.

d.      Membuat protein darah

Untuk mempertahankan stabilitas tekanan darah diperlukan protein. Disamping itu, hemoglobin tersusun atas serum dan protein.

e.      Menjaga keseimbangan asam basa cairan tubuh

Protein diperlukan untuk mengikat kelebihan asam atau basa dalam cairan tubuh sehingga reaksi netral dari cairan tubuh selalu dapat dipertahankan

f.        Pemberi kalori

Protein dapat menyediakan energi yang diperlukan untuk aktivitas, terutama dalam keadaan memaksa misalnya kelaparan. Satu gram protein menghasilkan energi 4 kalori.

Apakah Lemak Itu?

Lemak adalah garam yang terbentuk dari penyatuan asam lemak dengan alcohol organik yang disebut gliserol atau gliserin. Lemak yang dapat mencair dalam temperatur biasa disebut minyak, sedangkan dalam bentuk padat disebut lemak.

Berdasarkan proses pembentukannya, lemak digolongkan menjadi dua kelompok yakni lemak esensial ( tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, sehingga harus ada dalam makanan) dan lemak nonesensial (dapat dihasilkan oleh tubuh melalui proses percampuran bahan makanan). Berbeda dengan karbohidrat ataupun protein, lemak memiliki sifat-sifat yang unik, yaitu :

  • Mengapung pada permukaan air;
  • Tidak larut dalam air;
  • Mencair pada suhu tertentu;
  • Melarutkan vitamin A, B, C, D, dan K

Dalam tubuh kita lemak bermanfaat sebagai berikut.

1.      Sebagai sumber energi, 1 gram lemak menghasilkan 9 kalori.

2.      Melarutkan vitamin sehingga dapat diserap oleh usus.

3.      Memperlama rasa kenyang.

Kelebihan makanan dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak. Terutama pada jaringan bawah kulit, sekitar otot, jantung, paru-paru, ginjal dan organ tubuh lainnya. Simpanan lemak dalam tubuh bermanfaat untuk cadangan energi, sebagai bantalan alat-alat tubuh seperti ginjal, biji mata, isolasi tubuh, dan mempertahankan tubuh dari gangguan luar, seperti pukulan atau zat-zat kimia yang berbahaya yang dapat merusak jaringan otot.

Lemak tidak hanya kita peroleh dari makanan hewani, tetapi dapat juga diperoleh dari tumbuhan. Berikut adalah makanan sumber lemak baik dari tumbuh-tumbuhan (nabati) ataupun hewan (hewani).

  • Berasal dari tumbuh-tumbuhan (nabati) adalah buah, biji, lembaga biji, kemiri, zaitun, kelapa, dan jagung
  • Berasal dari hewan (hewani) adalah mentega, susu, keju dan kuning telur.

Apakah Vitamin Itu ?

Vitamin adalah zat yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Fungsi vitamin dalam tubuh untuk mengatur fungsi tubuh yang spesifik , seperti pertumbuhan normal, memelihara kesehatan dan reproduksi. Vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh kita, sehingga harus diperoleh dari bahan makanan. Vitamin digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu sebagai berikut.

  • Vitamin larut dalam air

Contohnya vitamin B dan C. Jenis vitamin ini tidak dapat disimpan dalam tubuh. Kelebihan vitamin ini akan dibuang lewat urine sehingga kekurangan ( defisiensi) vitamin B dan C lebih mudah terjadi.

  • Vitamin larut dalam lemak

Contohnya vitamin A, D, E, dan K. Jenis vitamin ini dapat disimpan dalam tubuh dengan jumlah cukup besar, terutama dalam hati.

Setiap vitamin mempunyai fungsi khusus. Walaupun demikian, beberapa vitamin dapat berperan secara bersama-sama dalam mengatur fungsi tubuh, misalnya memacu dan memelihara :

1.      Pertumbuhan

2.      Reproduksi

3.      Kesehatan dan kekuatan tubuh

4.      Stabilitas system syaraf

5.      Selera makan

6.      Pencernaan

7.      Penggunaan zat-zat makanan lainnya.

Bahan makanan sumber vitamin

  • Vitamin A (Retinol/karoten)

Vitamin A terdapat pada hati, telur, wortel, sayuran hijau, produk susu, dan keju. Vitamin A berfungsi pada proses penglihatan, jaringan ikat, dan kulit.

  • Vitamin B1 ( Thiamin)

Vitamin B1 terdapat pada daging, padi-padian, dan gandum. Vitamin B1 berfungsi pada metabolisme karbohidrat, dan fungsi susunan syaraf pusat (SCP)

  • Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 terdapat pada kacang-kacangan, hati, produk susu, daging, dan sereal. Vitamin B2 berfungsi pada metabolisme karbohidrat, penglihatan, dan kulit.

  • Vitamin B6 (Piridoksin)

Vitamin B6 terdapat pada daging, ikan, sayuran hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan. Vitamin B6 berfungsi pada metabolisme protein, pembentukan sel darah merah dan fungsi syaraf pusat( SSP).

  • Vitamin B12 (Cianokobalamin)

Vitamin B12 terdapat pada daging, ikan, susu, keju, dan hati (tidak terdapat pada tumbuh-tumbuhan). Vitamin B12 berfungsi pada pembentukan sel darah merah, dan fungsi SSP.

  • Vitamin C (Asam Askorbat)

Vitamin C terdapat pada sayuran hijau, buah-buahan (jeruk, tomat, mangga, nanas), kentang dan roti putih. Vitamin C berfungsi pada jaringan kulit, penyerapan dan metabolisme, penyembuhan, dan pertahanan terhadap infeksi.

  • Vitamin D (Kalsiferol)

Vitamin D terdapat pada ikan berlemak ( sardine dan tuna), minyak hati ikan, telur dan pengaruh sinar matahari pada kulit. Vitamin D berfungsi pada metabolisme kalsium, tulang, dan gigi.

  • Vitamin E (Tokoferol)

Vitamin E terdapat pada minyak nabati, hati, sayuran warna hijau, produk susu, dan biji-bijian. Vitamin E berfungsi pada pembakaran darah, dan pencernaan lemak.

  • Vitamin K

Vitamin K terdapat pada kubis, brokoli, lobak, buah-buahan, dan daging. Vitamin K berfungsi pada penghasil faktor pembeku darah.

Apakah Mineral Itu ?

Mineral adalah zat organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk membantu reaksi fungsional tubuh. Misalnya untuk memelihara keteraturan metabolisme. Mineral dikelompokkan dalam dua bagian.

1.      Mayor Mineral (Makromineral atau Makronutrition Elemen)

Mineral jenis ini contohnya kalsium (Ca), Fosfor (P), Kalium (K), Magnesium (Mg), Sulfur (S), Sodium/Natrium (Na), dan chloride (Ca)

2.      Trace Mineral (Mikromineral atau Micronutrition Elemen)

Mineral jenis ini contohnya zat besi (Fe), tembaga (Cu), Seng (Zn), mangan (Mn), iodium (I), dan fluoride (F). zat-zat tersebut merupakan komponen penting dari struktur tulang, jaringan ikat, hemoglobin, hormon, dan enzim.

Secara umum fungsi mineral bagi tubuh adalah sebagai berikut.

a.      Menyediakan bahan sebagai penyusun tulang dan gigi

b.      Membantu fungsi organ, memelihara irama jantung, kontraksi otot, konduksi syaraf, dan keseimbangan asam basa.

Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh. Lebih dari 90% kalsium terdapat dalam tulang. Sedangkan fosfor merupakan mineral kedua terbanyak, yakni sekitar 85% terdapat dalam tulang. Mineral jenis ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk garam mineral seperti NaCl (garam meja).

Setiap mineral mempunyai peran dalam tubuh. Natrium klorida (NaCl), mempunyai peranan yang penting. Peranan pertama adalah untuk membangun berbagai cairan tubuh, seperti cairan dalam darah dan cairan dalam pencernaan. Peranan kedua adalah untuk mengimbangi berbagai fungsi dan tekanan dalam tubuh. Walau bagaimanapun, mengonsumsi Natrium klorida (garam dapur) yang berlebihan akan menganggu dan meningkatkan tekanan dalam tubuh. Keadaan ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu, mineral merupakan zat makanan yang amat penting bagi kesehatan kita.

Apakah Kalsium Itu ?

Kalsium adalah zat pembangun dan membantu berbagai fungsi dalam tubuh. Termasuk tulang dan gigi memerlukan banyak kalsium. Kalsium juga membantu pembekuan darah dan fungsi syaraf. Oleh karena itu zat kalsium sangat diperlukan oleh anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan dan ibu yang hamil (mengandung) atau menyusui.

Kalsium banyak terdapat dalam makanan laut, seperti ikan, kerang, udang, dan ketam. Sedangkan makanan yang berasal dari tumbuhan yang mengandung kalsium, misalnya sayur-sayuran hijau dan berbagai jenis kacang-kacangan. Sumber lain yang mengandung zat kalsium yang tinggi adalah susu.

Apakah Fosfor Itu ?

Fosfor adalah zat pembangun bagian –bagian dalam tubuh kita, seperti tulang dan gigi. Berbagai fungsi tubuh juga memerlukan bantuan fosfor. Kekurangan fosfor dapat meyebabkan penyakit tulang dan gigi.

Makanan yang mengandung fosfor adalah ikan, udang, susu, dan keju. Sumber makanan dari tumbuhan yang mengandung fosfor adalah beras, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Apakah Kalium Itu ?

Kalium sama halnya dengan garam meja. Kalium juga penting sebagai bahan pembangun dalam berbagai cairan tubuh. Selain itu, kalium juga memainkan peranan penting dalam berbagai fungsi bagian-bagian tubuh tertentu, seperti otot dan syaraf.

Tubuh kita memerlukan kalium hanya 1 gram hingga 2 gram tiap hari. Sumber makanan yang mengandung kalium adalah daging, susu, tomat, bawang dan berbagai jenis kacang-kacangan.

Apakah Magnesium Itu ?

Magnesium adalah zat yang berfungsi membantu pembentukan tulang, aktivitas enzim, dan pembentukan protein. Dalam tubuh orang dewasa mengandung magnesium antara 20 gram hingga 30 gram. Kira-kira 1% terdapat dalam plasma darah, 45% terdapat dalam sel dan selebihnya terdapat dalam tulang.

Bahan makanan yang mengandung zat magnesium adalah daging, telur, susu, ubi kentang, dan sayuran hijau,

Apakah Ferum itu ?

Ferum adalah zat besi. Ferum membantu berbagai fungsi tubuh. Fungsi yang utama adalah pembentukan darah merah, kerja otot, dan enzim. Kekurangan ferum dapat menghambat pembentukan darah merah dan menyebabkan anemia. Anemia adalah sejenis penyakit akibat kekurangan darah merah.

Sumber utama zat ferum adalah daging, telur, hati, buah-buahan, seperti rambutan, kismis, dan sayur-sayuran seperti bayam. Kacang atau biji-bijian juga merupakan sumber zat ferum.

Apakah Fluorin Itu ?

Fluorin adalah zat yang hanya sedikit diperlukan oleh tubuh. Meskipun demikian, fluorin sangat penting untuk kesehatan tulang dan mencegah caries gigi. Akan tetapi, konsumsi fluorin yang berlebihan dapat mengakibatkan keracunan pada tubuh kita.

Makanan yang mengandung zat fluorin adalah air teh dan makanan laut. Makanan laut yang mengandung fluorin adalah semua jenis ikan.

Apakah Iodium Itu ?

Iodium adalah zat yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Walaupun dalam jumlah sedikit, zat ini amat penting untuk pertumbuhan terutama pada anak-anak. Kekurangan zat iodium dapat menyebabkan gondong. Gondong adalah sejenis penyakit bengkak pada leher.

Makanan yang mengandung zat iodium adalah makanan yang berasal dari laut. Contohnya adalah ikan, ketam, udang, dan kerang.

Makanan Seimbang

Makanan apa yang baik untuk kita ?

Jawabannya adalah makanan yang seimbang. Makanan yang seimbang adalah makanan yang merupakan sumber tenaga, zat yang membangun tubuh dan melindungi tubuh. Makanan tersebut sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh. Jika menu makanan kita mengandung zat tersebut, berarti kita memenuhi kriteria makanan yang seimbang. Akan tetapi, jika kita kekurangan salah satu zat tersebut, fungsi normal tubuh kita akan terganggu.

Perkembangan tubuh manusia sebagian besar terjadi pada masa anak-anak. Oleh karena itu, penyediaan makanan pada anak-anak sebaiknya tidak berbeda-beda dengan penyediaan makanan bagi orang dewasa. Baik dalam jenis makanan, proporsi, maupun cara penyajian. Selain itu, penyediaan makanan pada anak juga harus memperhatikan pertumbuhan otak dan kecerdasan. Jumlah kebutuhan gizi pada anak ditentukan oleh jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas atau kegiatan sehari-hari.

About these ads
 

Tag: , , , , , , , , , , ,

2 responses to “MAKANAN BERGIZI

  1. Transfer Factor Bandung

    13 Desember 2009 at 4:41 am

    panjang juga yah..

    salam kenal

     
  2. reberkatiarabusono

    9 Oktober 2009 at 11:25 pm

    okeee..
    di perluas jarian ya
    GBU

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: