RSS

Keesaan Allah**

29 Apr

Pada bagian ini kita akan membahas tentang Keesaan Allah, mengumpulkan bukti Perjanjian Baru tentang Tritunggal, kemudian menilai maknanya.Di dalam Perjanjian Lama, bangsa Isreal mempercayai monoteis(percaya hanya kepada satu Allah) bahwa Allah esa( Ulangan 6:4-5 ), orang israel mengetahui bahwa segala kebajikan di dalam iman kepercayaan di mulai dengan meletakan iman di atas dasar ini; Allah itu Esa.
Bersamaan dengan munculnya injil Kristen, yang menyebabkan pendekatan monoteis berkembang dan akhirya menuju pada dokrin mengenai Tritunggal yang diberikan dalam Perjanjian Baru. Dapat diambil, diringkaskan dan dibagi dalam beberapa ayat:
1. Matius 28:19, nama Bapa, Anak dan Roh Kudus muncul dalam Rumusan baptisan.
2. II korintus 13:13, dalam ayat ini Rasul Paulus menambahkan ucapan berkat penutup dengan menyebutkan Allah, Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus.
3. Wahyu 1:4, dalam salam tersebut Allah disebut sebagai Dia, yang ada, yang sudah ada, dan yang akan datang, Roh Kudus di sebut sebagai”tujuh roh” dan Anak di sebut sebagai Yesus Kristus.
4. 1 Petrus 1:2, didalam ayat itu dikatakan;”orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh Kudus, supaya taat kepada Yesus Kristus”
5. Injil Yohanes14:26; 15:26; 16:15, Bapa mengutus Roh Kudus dalam nama Anak. Sesengguhnya, Anak juga mengutus Roh Kudus yang berasal dari Bapa.

Dari beberapa contoh ayat-ayat ini, terdapat 3 (tiga) peran Allah. Doktrin Allah adalah doktrin monotheisme(percaya hanya kepada satu Allah) dan Allah yang Esa itu mempunyai tiga pribadi. Tritunggal Allah yaitu Allah Bapa, Allah Anak(Yesus kristus) dan Allah Roh Kudus. Tiga Pribadi dalam satu Allah, tiga Pribadi bukan berarti tiga Allah, dan satu Allah tidak berarti satu Pribadi.
Pribadi yang pertama ialah: Allah Bapa, yang dalam Wahyu-Nya, di dalam karya-Nya menciptakan seluruh alam semesta dan maklhuk ciptaan-Nya.
Pribadi yang kedua ialah Allah Anak(Yesus kristus), puncak Wahyu Allah terdapat di dalam diri Yesus Kristus, Pribadi kedua dari Allah yang turun ke dunia. Di dalam diri Kristus kita mengenal Allah secara konkrit, jelas,sempurna, benar dan tepat. Keakuratan itu hanya bisa dicapai melalui pengenalan terhadap Kristus dan yang memberikan kesaksian yang benar tentang Kristus adalah Firman yang tertulis di dalam Alkitab. Itulah sebanya Alkitab merupakan saksi bagi Kristus dan melalui Kristus, kita datang kepada Allah Bapa.
Namum bagaimanakah kita dapat mengerti Alkitab? Dari Roh kudus, Pribadi ketiga yang memimpin kita kedalam arti yang sesungguhnya dari Allkitab, melalui Alkitab kita dipimpin seluruhnya kedalam pengenalan akan Kristus. Melalui Yesus Kristus kita mengenal Allah Bapa yang sesungguhnya. Dengan demikian kita mengenal Allah melalui Kristus, kita mengenal Kristus melalui Firman-Nya, dan kita mengenal Firman melalaui Roh Kudus.
Dia selalu menggabungkan keEsaan-Nya ini dengan kekekalan-nya sehingga dia berkata, ”siapa yang dapat kau bandingkan dengan Aku, Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian. siapakah yang mengatakan dari dahulu kala hal-hal yang akan datang? bukankah aku? Tuhan? tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain Aku”Yes 44:6-8;45:20-22; 46:9-10 ”.

Kesimpulan : Allah dalam Perjanjian Lama dan Allah Dalam Perjanjian baru adalah Allah yang Esa, dan dalam keEsaan-Nya itu mempunyai tiga Pribadi di dalam esensi atau substansi(sifat dasar) yang sama dan Esa itu.

oleh Edy Batlayeri

About these ads
 
1 Komentar

Posted by pada 29 April 2009 in KARYA TULIS

 

One response to “Keesaan Allah**

  1. rennypebrica

    19 Mei 2010 at 1:12 pm

    Hi…salam kenal.
    kunjungi saya di Blog saya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: