RSS

KELAHIRAN ANAK KEMBAR MONOZIGOTIK YANG TERJADI KARENA AKIBAT PEMBUAHAN 2 (DUA) OVUM YANG BERBEDA**

09 Mar

BAB I LATAR BELAKANG

1.1. Latar Belakang

Beberapa tahun belakangan ini kehamilan kembar sangat meningkat. Secaraumum hal ini terjadi semakin luasnya penggunaan teknilogi terproduksi dalam piñata laksanaan infertilitas. Selain itu kehamilan kembar juga dapat terjadi karena sebab-sebab yang lain : seperti usia ibu saat kehamilan, wanita dengan riwayat persalinan yang sering. Wanita yang hamil segera setelah berhenti minum pil KB, dan juga lebih tinggi pada orang yang mimiliki keturunan genetic kembar.

Banyak factor diduga sebagai penyebab kehamlan kembar. Selain factor genetic, obat penybur yang dikonsumsi dengan tujuan agar sel telur matang secara sempurna. Alasannya, jika indung telur bias memproduksi sel telur dan diberi obat penyubur, maka sel telur yang matang pada saat bersamaan bias banyak, bahkan sampai lima dan enam.

Karena obat progesteraon dan kontrasepsi kombinasi mengkombinasi mengurangi motilitas tuba, diperkirakan bahwa tertundanya transportasi tuba dan implantasi meningkatkan resiko terjadinya kembar pada kehamilan yang pembuahannya terjadi dekat dengan pemakaian kontrasepsi.

Walaupun ribuan sel sperma mengelilingi sel telur, hanya satu diantaranya yang akhirnya membuahi sel telur.

Dan kehamilan kembar ada 2 (dua) macam :

1. Kembar nonidentik ( dizigotik) dihasilkan ketika dua buah sel telur yang dilepaskan pada waktu yang sama, dan keduanya dibuahi. Keduanya dapat mempunyai jenis kelamin yang sama atau berbeda (pria dan wanita), dan mempunyai sifat yang berbeda atau sama, dan mempunyai perbedaan genotip.

2. Kembar identik (monozigotik) terjadi bilaembrio membelah menjadi 2 (dua) pada tahap awal perkembangannya, dan menghasilkan dua anak identik dengan jenis kelamin yang sama, dan mempunyai sifat yang sama, dan apa yang dilakukan atau kegiatan yang dilakukan pasti sama, dan sulit sekali untuk membedakan satu sama lain. Dan memiliki genotip dan fenotip yang sama, seperti golongan-golongan darah, dan lain-lain. Rupa dan seksnyapun sama.

 

1.2. Permasalahan

· Faktor apa yang menyebabkan kehamilan kembar monozigotik

 

1.3. Tujuan

Ø Untuk megetahui kehamilan kembar

 

BAB II DASAR TEORI

Terjadinya kelahiran anak kembar itu biasanya didasarkan pada genetic danjuga pada obat-obat perangsang hormone seorang ibu dan umur atau dari penurunan keluarga, dan penentuan antara sel sperma dengan sel telur, itupun juga sel sperma tidak akan masuk semua walaupun dengan berjuta-juta sel sperma, dan pasti Cuma satu sel sperma yang mampu masuk ke sel-sel telur, dan akan membuahi dan membuahinya pada waktunya yang bersamaan.

Anak kembar yang saya ambil ini mempunyai tingkatan keluarga kebanyakan kembar dari factor keturunan ayahnya maupun factor keturunan ibunya. Kalau dari factor keturunan ayahnya, kakaknya mempunyai anak kembar, saudara-saudaranya juga ada, sedangkan factor keturunan ibunya juga adiknya, dan katanya keturunan-keturunan sebelumnya juga ada, dari kakek sampai keturunan yang ada sekarang, dan kalau keturunan yang ini merupakan keturunan yang ke 7 (tujuh).

Dan kalau kembar Monozigotik itu kebanyakan mempunyai ciri fisik yang sama atau konkordan dan sulit sekali untuk membedakan mereka satu sama lain. Yang mana Geby dan Grace, dan apapun saja yang dilakukan pasti sama dan jarang sekali yang berbeda, pasti juga tidak banyak yang berbeda.

Dan anak kembar monozigotik (Mz) ada kaitannya dengan umur ibu, dan semakin tinggi umur ibu semakin ada peluang untuk mendapat anak kembar.

Ketika seorang anak kembar merasa sakit pasti yang satunya juga sakit, ketika dia ingin sesuatu pasti lagi yang satu juga, dan itu mempunyai ikatan yang sangat kuat.

Silsilah keluarga dari Bapak dan Keturunan Bapak.

 

BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN

Anak kembar monozigotik identik yaitu kembar ini terjadi dari sebuah sel telur yang setelah dibuahi. Pada stadium permulaan perkembangannya tumbuh menjadi dua janin berkembang sebagai embrio yang terpisah. Hubungan antara plasenta, korion dan amnion. Dari kehamilan anak kembar ada bermacam-macam :

a. Kembar monozigotik/ dizigotik dengan amnion, korion dan terpisah.

b. Kembar monozigotik/dizigotik dengan amnion dan kotorin terpisah, tetapi placenta bersamaan.

c. Kembar monozigotik dengan amnion terpisah, tetapi korion dan palxenta tunggal.

d. Kembar monozigotik dengan amnion, korion dan placenta tunggal;

Sedangkan, plasenta tunggal dapat ditemukan pada kembar dizigotik, dandua pacenta dapat ditemukan baik pada kembar monozigotik maupun dizigotik.

Jumlah placenta dan korion dalam kemgbar monoxigotik maupun dizigotik:

Sesudah lahir

Kembar

Monozogotik

Dizigotik

1 Plasenta, 1 Korion

1 Plasenta, 2 Korion

2 Plasenta, 2 Korion

32

8

16

-

80

100

Kita dapat mengambil kesipulan bahwa kembar dizigotik itu selalu memiliki dua korion, sedangkan kembar monozigotik dapat memiliki korion tunggal atau ganda tergantung dari bagaimana mereka memisahkan sebelum atau sesudah implantasi.

Kalau seorang ibu yang mengandung anak kembar, pasti janin satu denganjanitn satu. Danibunyajuga memdapatasupan makanan yang banyak, untuk 2 janin yang didalam kandungan. Danfrekuensi kelahiran bayi kembar Monizigotk pada kulit putih maupun kulit hitam sampai kira-kira 32 tahun, kemungkinan berkurang tetapi menjelang umur 40 tahun atau sesudahnya, frekuensinyaitu tampak bertambah lagi, sedangkan untuk Dizigotik malah berkurang.

 

Kemungkinan kelahiran anak kembar Monozigotik kemungkinan mendapat anak kembar MZ pada kehamilan ke :

Umur

1

2

3

4

5

15-19

20-24

25-29

30-34

35-39

40-44

0,58

0,46

0,38

0;36

0,34

0;41

0,50

0,39

0,33

0,31

0,29

0,35

0,41

0,34

0,30

0,27

0,27

0,34

-

0,32

0,27

0,25

0,25

0,31

-

-

0,24

0,23

0,21

0,25

 

FOTO ANAK KEMBAR

 

Gambar :

 

Nama : Grace Fele Umur 13 tahun, tempat dan tanggal lahir 07 Agustus 1996. asal daerah Sentani, sekolah kelas I SMP

Nama : Geby Fele, Umur 13 tahun, tempat dan tanggal lahir 07 Agustus 1996. asal daerah Sentani, sekolah kelas I SMP

 

BAB IV KESIMPULAN

Kembar monozigotik adalah kembar yang terjadi dari sebuah sel telur yang setelah dibuahi, pada stadium permulaan perkembangannya tumbuh menjadi dua janin (embrio). Dan kembar monozigotik mempunyai kesamaan-kesamaaan. Dan fektor kembar adalah factor genetic, umur ibu, obat penyubur untuk hormone, danlain sebagainya.

Anak kembar yang saya ambil yaitukembar Monozogotik, dan merekajuga mempunyai keturunan yang kembar.

Jadi, kelahiran anak kembar itu disebabkan oleh factor genetic yang berpengaruhy besar. Seorang ibu kalau mempunyai silsilah kembar, dan ketikan dia melahirkan suliat untuk memdapat anak kembar monozigotik dan pasti dia mendapat anak kembar dizigotik, dan untuk mendapat anak kembar dizigotik ada kaitannya dengan pengaruh gen ganda (Poligen), sedang kembar monozigotik tidak.

DAFTAR PUSTAKA

 Dr. Lyndon Saputra, Sigit Suryanto, S.Sos. 2006 KATAKAN KEPADAKU KAPAN. 2006.Quality Press

 

Ir. Suryo.27 Maret 1986 Yogyakarta, GENETIKA MANUSIA

 

http ://rizsa 82.wordpress.com/200807/19/laporan kasus kehamilan kembar, rabu, 25 Februari 2009.08.30 WIT.

 

** ida novi

About these ads
 
2 Komentar

Posted by pada 9 Maret 2009 in BERITA

 

Tag: , , , ,

2 responses to “KELAHIRAN ANAK KEMBAR MONOZIGOTIK YANG TERJADI KARENA AKIBAT PEMBUAHAN 2 (DUA) OVUM YANG BERBEDA**

  1. Worldman

    20 November 2009 at 8:05 pm

    Materinya Sangat menarik!

     
  2. karina

    29 April 2009 at 2:50 am

    thenk you atas infonya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: